It's Me

to be the best! Semua yang aku lakukan, ku anggap sebagai ikhtiar, yang nantinya akan menjadi indah pada waktunya, kegagalan adalah bagian dari proses kehidupan, tapi keberhasilan sudah pasti digenggaman. (Widyasari Prastyaningrum)

Chrisis Management and Analisis Nike

Krisis selalu melekat dengan kehidupan setiap perusahaan, dengan adanya krisis maka perusahaan dapat mempunyai pengalaman untuk dapat berbenah menjadi lebih baik, dan menjadi perusahaan yang lebih siap menghadapi tantangan pasar yang lebih besar. Baik perusahaan swasta maupun BUMN pasti pernah mengalaminya, yang bilang belum pernah berarti perusahaan tersebut belum berhasil. Ya ga sih? nih kita lihat dan analisis tahapan krisis yang dialami Perusahaan gede Nike, ini aku share hasil tugas kuliah semester enem...
Ada kalanya suatu perusahaan mengalami masa kejayaan maupun masa sulit, seperti halnya kehidupan yang selalu berputar bagai roda, ada kalanya diatar dan sebaliknya. Masa dimana perusahaan itu mendapatkan kejayaan inilah diman ujian demi ujian harus dilalui perusahaan. Salah satu ujian yang harus dihadapi mempertahankan citra yang telah lama dibangun oleh perusahaan. Dalam mengalami masa sulit bukan berarti perusahaan itu mati, namun inilah fase dimana perusahaan akan menjadi lebih baik lagi bila berhasil masa sulitnya atau masa krisisnya. Untuk melewati krisis dalam perusahaan diperlukan perencanaan, pengelolaan dan lain-lainnya untuk bisa melewatinya, dalam istilah komunikasi bisa disebut dengan manajemen krisis, yaitu suatu manajemen pengelolaan, penanggulangan atau pengendalian krisis hingga pemulihan citra perusahaan.
Di Indonesia banyak perusahaan yang pernah mengalami krisis, sebelum keadaan perusahaan itu menjadi lebih baik. Ada beberapa tipe dan penyebab terjadinya krisis diantaranya karena bencana alam atau tidakan tidak sengaja, karena kesalahan produksi atau produk kurang sempurna, karena persepsi public, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Salah satu perusahaan yang pernah mengalami krisis adalah Nike.
Nike merupakan perusahaan penghasil peralatan olah raga terbesar dunia, dan menguasai pasar diseluruh dunia. Ditengah melejitnya perusahaan ini dan ditengah kepopulerannya, pada tahun 1990an perusahaan ini mengalami krisis yang sangat berat dan mempunyai pengaruh besar bagi perusahaan Nike. Karena diboykot oleh para pengguna produknya.
Kasus Nike ini sudah cukup lama, namun bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang berkaitan, kasus ini cukup masih berkesan dan masih sangat diingat. Dari beberapa penyebab terjadinya krisis penyebab krisis yang terjadi pada Nike termasuk tipe transgression yaitu penyebab krisis karena adanya tindakan yang disengaja yang dilakukan oleh perusahaan, penyebab krisis ini juga bias disebut dengan pelanggaran hukum. Dimana krisis yang dialami Nike berawal dari tidak patuhnya perusahaan atas standar pemburuhan yang telah ditentukan, dari sinilah timbul konflik dari berbagai kalangan dan banyak kecaman hingga boykot atas produk ini.
Pada awal terciumnya krisis ini, manajemen dari perusahaan Nike sudah mulai melakukan upaya-upaya untuk mencegah krisis ini menjadi lebih panjang. Stevent Fink mengemukakan ada empat tahapan krisis, tahapannya dapat diterapkan pada kasus Nike. Tahapannya antara lain, tahap krisis yang pertama yaitu tahap prakrisis, pada tahap prakrisis prusahaan nike sudah mulai merasakan adanya ketidaksesuainya antara standart  etika dengan yang telah dijalankan di perusahaan. Karena ketidaksesuaian tersebut maka timbul protes, dan juga menjadi suatu pelanggara hukum karena masih berhubungan dengan hak buruh. Dalam menanggapi masa krisis ini pihak Nike masih berusaha menyangkal atau bersikap defensifdalam rangka membela diri, namun sikap yang diberikan Nike ini mnimbulkan penolakan dan memancing para aktivis untuk membongkar kebenarannya. Hingga masuk pada masa krisis akut dimana perusahaan telah masuk masa krisis yang sebenarnya dan telah mengalami tanda-tanda adanya kerugian, masa akut yang dialami Nike adalah saat tercorengnya reputasi dan banyak menuai protes dan berakibat pada penurunan tingkat penjualan. Tindakan pihak Nike selanjutnya adalah merespon dengan cepat tindakan para aktivis tersebut dengan membentuk kode etik perburuhan dan melakukan pembuktian bahwa kode etik tersebut telah dijalankan atau dilakukan secara konsisten. Namun dalam upaya ini malah membuktikan bahwa adanya pelanggaran-pelanggaran mengenai perburuhan yang dilakukan Nike, dan mendapatkan protes keras.
Masuk pada tahapan krisis yang selanjutnya adalah masa krisis kronis (chronic crisis stage) pada masa ini perusahaan sudah mulai melakukan pemulihan citra dan melakukan instropeksi atas segala manajemen yang telah dijalankan hingga dapat meraih kembali kepercayaan masyarakat. Karena protes keras yang didapat Nike maka perusahaan ini melakukan instropeksi secara professional dengan membentuk satu departemen dalam manajemen Nike yang khusus menangani persoalan pengawasan pada setiap rantai pasok agar sesuai standard perburuhan. Tepatnya pada tahun 1998 departemen ini dikembangkan peran dan fungsinya yang tidak hanya mengawasi standard perburuhan saja, namun juga sampai persoalan keberpihakan terhadap para pemangku kepentingan, yaitu Corporate Social Responsibility. Perusahaan Nike kembali mengubah stategi manajemen yang dulu dengan mengangkat system partnership, yaitu dengan membentuk satu tim senior yang bekerja sama dengan pakar dari luar. Dengan begitu diharapkan perusahaan mendapatkan pemecahan masalah atas krisis yang terjadi sesuai dengan konteksnya. Setelah tahap krisis kronis tahapan krisis yang selanjutnya adalah tahap resolusi atau masa penyembuhan dari krisis.pada tahap ini perusahaan mulai bangkit kembali, melalui perbaikan dan pemulihan sistem produksi, pelayanan jasa, strukturalisasi manajemen, rekapitulasi, dan operasinya. Dalam perusahaan Nike tahap resolusi ini adalah timbulnya kesadaran perusahaan untuk patuh pada standart etika yang berlaku dan membangun bisnis yang berbasis stakeholder. Dan turut aktif pula dalam kegiatan menyejahterakan masyarakat atau kegiatan CSR sehingga mengangkat lagi eksistensi perusahaan.
Dalam tahap demi tahap krisis yang dijalani Nike menunjukkan bahwa tidak selalu mudah dalam menyelesaikan suatu konflik, apalagi dalam kasus nike ini sudah menjadi bahan omongan secara internasional. Dalam penyelesaian tahap krisis yang pertama yaitu dengan melakukan pembelaan dan pada penyelesaian tahap krisis akut malah menunjukkan bagaimana perusahaan Nike ini benar melanggar etika, hingga membangkitkan respon-respon negative terhadap perusahaan Nike ini. Belajar dari kasus ini dapat ditinjau kembali bahwa adanya manajemen Public Relation dalam perusahaan adalah memberikan arahan atau memberikan pemecahan masalah atas yang terjadi di perusahaan. Bila sejak awal langkah yang diambil telah salah maka sulit kembali untuk mengangkat nama perusahaan. Dan yang tidak kalah penting adalah kejujurang yang harus dijunjung tinggi, PR harus berani mengakui kesalahan dari perusahaan hingga timbul masalah tersebut agar tidak terjadi kebohongan-kebohongan selanjutnya.
Sekarang perusahaan Nike sudah berjalan seperti sewajarnya tanpa adanya lagi protes-protes mengenai tidak patuhnya Nike terhapap kode etik perburuhan. Ini menunjukkan perusahaan Nike dapat belajar dari kasus perusahaan Nike yang pernah dialami sehingga secara tidak langsung menjadikannya perusahaan yang menjadi lebih baik.


Kampung Inggris Pare Kediri. U must check it!

Bahasa adalah permasalahan sepele namun juga bisa rumit, kita memakainya setiap hari, menggunakannya untuk berkomunikasi namun mampu bebicara saja bukan jaminan apa yang kita komunikasikan dapat tersampaikan (halah ngomong apa). Aku tu mau ngomong bahasa inggris tu penting guys... pastinya untuk dunia kerja kita. Banyak lembaga yang memfasilitasi kita untuk belajar bahasa Inggris dengan berbagai keunggulannya. Apalagi di kota, lembaga kursus bahasa inggris kaya kacang godhog (kacang rebus) dimana-mana ada. aku tidak akan merekomendasikan salah satu lembaga terbaik. tapi aku akan merekomendasikan untuk ke kampung Inggris Pare Kediri. Why???

If you want to learn english, i would recomended for you Kampung Inggris Pare. You know this place? Sebagian orang bahkan kebanyakan orang familiar dengan tempat ini. Mereka mengenal kampung ini sebagai kampung yang sebagian besar penduduknya memakai English. Memang itulah citra yang dibangun  sejak awal kampung ini, dan mereka berhasil membentuknya sampai sekarang. Tapi sebenarnya gini ni... #bisik-bisik ga semua pake bahasa inggris, area inggris hanya di tempat kita belajar dan camp (bagi yang nge-camp). So... don’t worry be happy buat kalian yang belajar dari basic kaya aku gini, kita kalo jajan masih pake bahasa Indonesia kok kalau kalian dari Jawa pake bahasa krama aluuus itu more better, hehe
Well... sekarang aku akan membawa imaginasi kalian ke kampung Inggris Pare Kediri. Pare itu kecamatan ya guys, jadi kalau kalian lewat kediri kota jangan harap langsung ketemu si- Pare itu, karena jauh cyint dari kota. Kampung Inggris sendiri berada di dusun Tulungrejo, remember OK. Saat kita masuk didusun itu mata kita langsung disuguhkan dengan lembaga-lembaga yang berjajar seolah menyambut kita. Nah pada saat disana kebetulan aku sudah berniat untuk mendaftar di Global English, ini salah satu lembaga English di kampung ini. Dan sempet belajar juga satu periode di Mr. Bob
Bila kalian emang ingin memperlancar english secara ketat sebaiknya kalian ambil program yang plus camp, because what? Di camps juga akan ada program yang akan menambah vocab kalian dan juga practice english setiap hari, karena kebanyakan camps mengharuskan membernya menggunakan bahasa inggris setiap hari. Oke sampai sini jangan tegang dulu. Buat ini menyenangkan pemirsah, dan kalian ga bakal menyesal. Pelajaran yang aku dapat selain bahasa inggris selama menempuh pendidikan adalah bagaimana saling menghargai dengan teman lain dan bagaimana menjaga sikap dan toleransi. Ow  iya kalian juga ga bakalan bosen belajar disana karena tutornya yang menyenangkan, dan bisa dikerjai juga. Tutorku disana ada Ms. Siti Ms. Melly Mr. Sukman Mr. Albert dan Mr. Fahmi, sama satu lagi Mr. Abe yang Alay gilak, mereka semua so funny and friendly. Belajar 1 bulan rasanya kurang, Well ini kisahku. Kalian akan merasakan sensasi kejutan dan luar biasa kalau mencobanya sendiri. Dadah......
foto dengan mr. Albert dan mr. Soekman

with ms. Siti. AYE...


Holiday at Museum Angkut Malang

Dear Blogship kali ini aku akan memberikan rekomendasi wisata di batu Malang, wisata edukasi plus wisata narsis, bagi kalian yang ngakunya narsis harus kesini dan baca artikel ini. kalian bakal dapet tips berhemat, dan rekomendasi tempat poto yang bagus, hihihi Wajib narsis setelah baca ini...!!!
well... itu sekelumit foto kita :)
 
Wisata ke Batu Malang tidak hanya dengan agrowisata yang terkenal dengan kebun Apel dan wisata bermain Jatim Park maupun Batu Night Spectakuler (BNS) namun di Batu juga terdapat tujuan wisata edukasi yang menarik dan dan mengesankan berupa museum. Wisata museum di pikiran setiap orang pasti membosankan dan melelahkan, namun museum angkut yang terdapat di Batu Malang dikemas dengan apik sehingga mempunyai daya tarik tersendiri. Museum ini menjadi salah satu tujuan wisata jika kalian ingin berwisata ke Batu Malang, selain mendapatkan pengetahuan kalian juga akan mendapatkan pengalaman seperti diluar negeri, dan yang tidak kalah penting adalah mendapatkan tempat berpose (bagi pecinta foto) yang awesome.
Pertama kali mendengar tujuan liburanku dengan teman-teman ke museum angkut jujur aku sangat kecewa, karena awalnya usulanku adalah Jatim Park atau ke BNS, namun mereka berusaha membujuk dengan browsing terlebih dulu tentang museum angkut. Ternyata memang dari foto-foto yang ditampilkan mbah Google tempat ini memang bagus untuk berfoto dengan seting seperti diluar negeri. Akhirnya kami sepakat memutuskan untuk ke museum angkut itu. Aku dan teman-teman rombongan dari Pare Kediri hanya membutuhkan 2 jam untuk sampai ke Malang. Kami berangkat jam 7 dengan mobil, sampai disana kami langsung menuju ke museum namun masih belum buka, jam ooperasi museum jam 11.00, karena harus menunggu cukup lama akhirnya kami memutuskan keluar sebentar untuk mencari tempat lain, dan akhirnya kami ke alun-alun Batu disana ada Bianglala GEDE, dan kalau kesana jangan lupa mencoba susu murni didekat alun-alun (sayangnya saya lupa mereknya) susunya harga 4500 ada yogurt juga 7500, kalau membeli kalian harus mengantri sampai keluar toko, haha J  oh iya untuk tarif bianglala gede itu kalian cukup membayar 3500, it’s so chip, right?
Nah untuk masalah budget selama disana ga butuh banyak, pertama untuk rental mobil 300rb itu dibagi 8 orang jadi masing-masing dapet 37.500 trus untuk biaya masuk ke museum 85rb (itu udah paket lengkap dengan museum topeng) buat makan sekitar 30rb dan susu dan yogurt yang aku beli 12rb. Total pengeluaranku ke Batu  sekitar 164ribu,, hehe i like this pengeluaran...
Nah blogship ini sekelumit ceritaku saat berlibur ke Batu Malang semoga bisa jadi referensi liburan kalian... have a nice HOLIDAY....

The First Step in My Life

Dear Blogship...
i want to share my experience and just little about communication sains. pada akhirnya pendidikanku usai setelah menempuh 3 tahun 10 bulan, ilmu komunikasi adalah pilihanku, padahal awalnya tidak pernah sedikitpun aku memikirkan jurusan ini, tapi dengan bismillah akhirnya saat pemilihan jurusan masuk perguruan tinggi aku memilih ini, but aku tidak menyesal dan bahagia bisa mengenal dosen-dosen hebat dan teman-teman yang awesome. Thank's all :) 
Dear itu foto dari awal aku seminar skripsi tanggal 13 Februari 2014 sampe akhirnya sidang skripsi tanggal 5 Juni 2014 dan wisuda tanggal 10 Agustus 2014. Yeay I have done...
 
Sekarang aku mau berbagi tentang kebahagiaanku satu ini, yeay akhirnya aku berhasil menyelesaikan program S1 Ilmu Komunikasi... Akhirnya namaku bergelar, But just it.... sebenarnya gelar just title at back your name. Tapi untuk mendapatkannya itu loh dear.
Finally my name is Widyasari Prastyaningrum, S. I.Kom, hehe  selain susah ngedapetin gelar itu, mempertanggung jawabkan gelar itu juga susah. Emang bener hidup itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dulu diriku membayangkan, kuliah-wisuda-kerja but kenyataannya dari wisuda ke kerja itu membutuhkan proses yang sulit dan bikin drop juga. Tapi aku sabar kok dear, sangking sabarnya badanku sampe bohai gini. Hahaha
Nah disini aku mau berbagi bagaimana menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, bagi kalian yang masih bingung nih mau ambil jurusan apa kalo udah lulus SMA/ SMK. Buat lo lo(bahasa gaul J) yang berbakat ngomong, menulis dan ngerasa dirimu aktif,suka dunia entertaint dan brodcase, saranku Ilmu komunikasi adalah jurusan yang cucok buat kamu, Why????? Karena disini kalian akan lebih diasah rasa percaya dirinya, bagaimana kalian yang suka ngomong ga salah dalam bersilat lidah supaya tidak menyinggung lawan bicara. Inilah pentingnya ilmu komunikasi, emang bener sih ga usah kuliah aja kita udah pinter komunikasi. Tapi apa kamunikasi anda hanya sebatas untuk berbicara atau untuk bekerja? Nah bagi kita yang lulusan komunikasi ini yang nantinya menjadi profesional dalam mewakili suatu perusahaan atau lembaga, disini kita yang mengatur bagaimana membuat perusahaan ini dipandang baik bagi masyarakat.
You know that? I think you has know little a bit about communication. And now follow your passion...

 
Widyasari Prastya N © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects