ANALISIS FILM


GOD MUST BE CRAZY 2 -- Komunikasi verbal yang terjadi dalam film God Must be Crazy 3 ini sangat banyak sekali karena komunikasi verbal dilakukan tanpa menggunakan symbol atau isyarat kepada komunikannya. Komunikasi verbal yang terjadi seperti yang dilakukan dokter Anne dan dokter hewan itu saat ada di dalam helicopter maupun saat mereka mendarat darurat di Afrika itu. Dan saat dokter Anne berkomunikasi pada tentara yang ia temui di hutan Afrika itu.

Komunikasi nonverbal yang terjadi pada film itu antara lain saat dokter Anne yang kehausan mengambil air dihutan tapi saat ia berusaha memutar kincir agar air itu keluar malah air yang keluar diambil oleh monyet. Mulai disitu dokter Anne geram dan memberi isyarat monyet itu untuk tidak mengambil air yang berusaha ia ambil, dengan menunjukkan batu yang ia bawa kepada monyet itu sebagai ancaman bila monyet itu mengambil air yang ia dapat. Komunikasi nonverbal lainnya adalah saat dokter Anne ingin minta bantuan kepada orang Afrika lainnya yang sedang naik sepeda. Dokter Anne ingin membeli sepeda yang dinaiki orang Afrika itu dengan menunjukkan uang yang ia bawa, tapi orang Afrika itu menolak dan memilih mengantarkan dan membawa dokter Anne bersamanya. Tapi sayangnya ditengah perjalanan mereka mengalami kecelakaan dan orang Afrika itu meninggalkan dokter Anne.
Over Lapping of interest yang terjadi pada dokter Anne dan orang Afrika  yang mempunyai perbedaan yang pendapat dalam memberi salam. Dokter Anne memberi salam dengan berjabat tangan sedangkan orang Afrika itu memberi salam dengan menempelkan tangannya di dada dokter Anne. Awalnya Dokter Anne tidaka mengetahui maksud orang Afrika itu untuk memberi salam, tapi saat dokter Anne ingin memberi salam dengan berjabat tangan orang Afrika itu menolak. Dari itulah dokter Anne mengetahui bahwa orang Afrika itu memberi salam. Karena cara fikir (frame of reference) dokter Anne yang lebih maju maka dokter Anne dapat memaklumi mengikuti cara salam orang Afrika itu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Widyasari Prastya N © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects