Media Massa dan Globalisasi



PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Teknologi dan perkembangan zaman mempengaruhi berkembangnya media massa. Ada banyak factor yang mempengaruhi kemajuan teknologi yang semakin cepat, dan semua itu adalah teknologi elektronik. Teknologi yang semakin cepat berganti antara lain karena konsumen ingin menyingkirkan produk lama untuk memilih produk  baru yang lebih menarik.
Mediapun juga sangat cepat mengalami proses perubahan. Pada masa awal perkembangan media massa orang tidak pernah membayangkan dapat berkomunikasi secara dua arah (two way cumunication). Namun saat ini berkat kemajuan teknologi orang dapat berinteraksi dengan komunikator yang menyampaikan pesan secara langsung melalui media massa. Dengan media massa yang telah berkembang pula kita mudah mendapatkan informasi dari belahan dunia lain dengan cepat, oleh karena itu peran media massa saat ini sangat dibutuhkan sekali. Tidak hanya di kalangan tertentu yang membutuhkan media massa ini, namun disemua kalangan membutuhkan media massa karena sekarang ini informasi juga sebagai kebutuhan semua orang.
Media sendiri dibagi menjadi dua yaitu media massa dan media nirmassa. Namun yang banyak mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari adalah media massa. Media massa juga ada banyak macamnya, antara lain media cetak yang berupa surat kabar, majalah, tabloid, dll, dan ada juga media elektronik berupa radio, televisi, film, dan internet. Media massa yang sangat cepat berkembang ini juga berpengaruh pada berkembangnya dunia ini, karena media massa juga bersifat global
Kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi yang dicapai pada akhir abad ini telah banyak mempengaruhi perkembangan komunikasi  di dunia internasional.

B.    Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.       bagaimana pengaruh media massa dalam globalisasi.
2.      apa saja peran media massa yang dapat mempengaruhi globalisasi.
3.      apa pengertian globalisasi dalam konteks ini.
4.      bagaimana peranan pers dalam era globalisasi.
C.    Tujuan penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.       dapat mengetahui pengaruh media massa dalam era globalisasi ini.
2.      mengetahui berjalannya media massa dalam mempengaruhi globalisasi.
3.      mengetahui arti globalisasi dalam dunia dewasa ini.
4.      mengetahui peranan pers dan batasannya dalam membuat tulisannya

TINJAUAN PUSTAKA

Globalisasi media massa merupakan proses yang secara nature terjadi, sebagaimana jatuhnya sinar matahari, sebagaimana jatuhnya hujan atau meteor. Pendekatan profesional menjadi kata kunci, masalah dasarnya mudah diterka. Pada titik-titik tertentu, terjadi benturan antar budaya dari luar negeri yang tak dikenal oleh bangsa Indonesia. Jadi kekhawatiran besar terasakan benar adanya ancaman, serbuan, penaklukan, pelunturan karena nilai-nilai luhur dalam paham kebangsaan. Imbasnya adalah munculnya majalah-majalah Amerika dan Eropa versi Indonesia seperti : Bazaar, Cosmopolitan, Spice, FHM (For Him Magazine), Good Housekeeping, Trax dan sebagainya.
Guna meningkatkan serta memberi rambu-rambu bagi peranan pers dalam era globalisasi dewasa ini, diperlukan diperlukan tiga hal pokok, yaitu : (1) pengembangan idealisme dan profesionalisme pers; (2) media watch; (3) keterbukaan terhadap opini tandingan (counter opinion).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Widyasari Prastya N © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects